cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah" : 10 Documents clear
Prediksi Kelulusan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Educational Data Mining Selly Anastassia Amellia Kharis
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.03

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan keterlimpahan data di berbagai bidang termasuk pendidikan. Dengan fenomena tersebut akan sangat berguna jika data-data tersebut dapat dihubungkan dan dicari pola sehingga mudah dipahami dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam sistem managemen instansi pendidikan. Di dunia pendidikan tentu banyak data yang dapat digali, mulai dari data kinerja pengajar, data nilai mahasiswa, tracer study, dan data proses pembelajaran. Di sisi lain, evaluasi pembelajaran yang dilakukan biasanya terlaksana setelah nilai ujian keluar dan tidak ada peringatan dini untuk siswa terkait dengan kemajuan pembelajarannya. Akibatnya, tindakan pencegahan yang dilakukan oleh guru atau pihak sekolah menjadi terlambat dan dapat berdampak hingga ketidaklulusan siswa. Salah satu inovasi evaluasi pembelajaran yang dapat dilakukan di sekolah adalah dengan menggunakan educational data mining untuk memprediksi kelulusan siswa. Educational data mining diawali dengan pengumpulan, transformasi hingga analisis data. Pada penelitian ini, dilakukan perbandingan berbagai metode machine learning untuk memprediksi kelulusan siswa. Dalam penggalian data, penelitian ini menggunakan data akademik siswa menengah pada mata pelajaran di Portugal dengan 395 sampel dan 33 variabel bebas. Hasil dari educational data mining diharapkan dapat menjadi rujukan untuk menentukan strategi yang tepat untuk menurunkan ketidaklulusan siswa dan menjadi peringatan dini untuk ketidaklulusan siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPIT Insan Madani 8 Salsabila Rhaudiya Azahra; Lukita Ambarwati; Tian Abdul Aziz
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMPIT Insan Madani 8. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMPIT Insan Madani 8. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa posttest kemampuan komunikasi matematis pada materi pola bilangan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis data, digunakan Uji-t’ dua sampel independen dengan taraf signifikan 5% diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini mengakibatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPIT Insan Madani 8 pada materi pola bilangan. Adapun uji cohen’s d diperoleh nilai d = 0,7 dengan presentase 76% yang menyimpulkan besar pengaruh sedang.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik SMAN 1 Jakarta Aan Setiawan; Ellis Salsabila; Qorry Meidianingsih
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Jakarta. Kemampuan berpikir analitis peserta didik diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu empat soal uraian pada pokok bahasan program linear yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi serta derajat kebebasan (dk) = 65, diperoleh bahwa statistik uji t = 3,310 > 1,669, sehingga ditolak yang berarti bahwa rata-rata kemampuan berpikir analitis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian diperoleh nilai Cohen’s d sebesar dengan persentase besar pengaruhnya sebesar 79% yang termasuk ke dalam kategori large (besar). Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMAN 1 Jakarta.
Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Jakarta Ahmad Yadih; Ellis Salsabila; Tri Murdiyanto
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.06

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendekatan kontekstual dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu empat soal uraian pada pokok bahasan program linear yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , diperoleh bahwa dan sehingga , maka ditolak dan nilai Cohen’s d diperoleh perhitungan sebesar yang termasuk ke dalam kategori Large (besar) dengan presentase sebesar 79%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi think talk write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMAN 1 Jakarta.
Pengaruh Pendekatan PMRI Berbantu Geogebra pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Labschool Cibubur Farida Gusnia; Pinta Deniyanti Sampoerno; Vera Maya Santi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.07

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep siswa di Indonesia masih rendah sehingga perlu ditingkatkan melalui inovasi pembelajaran. Penerapan pendekatan PMRI berbantu media Geogebra merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menguji apakah penerapan pendekatan PMRI berbantu Geogebra dalam pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan untuk meneliti hal tersebut adalah metode kuasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah Posttest Only Control Group. Simple Random Sampling adalah teknik pengambilan sampel penelitian. Kemudian yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-F SMP Labschool Cibubur. Instrumen penelitian berupa 8 soal uraian terkait Persamaan Garis Lurus yang telah valid dan reliabel merupakan instrumen yang mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh setelah penelitian kemudian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji besar pengaruh. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Prima Riyani; Muhamad Sofian Hadi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.02

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dalam suatu pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang baik dan cocok dengan pendekatan keterampilan proses dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model yang paling baik dan cocok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman's Error Analysis (NEA) Kelas VII SMP NEGERI 187 JAKARTA Wiranti WT; Meiliasari; Leny Dhianti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.08

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dilihat dari aspek keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial berdasarkan tahapan Newman’s Error Analysis (NEA) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa, dengan kriteria: 4 siswa yang melakukan kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa lain dan 4 siswa yang melakukan kesalahan yang unik atau berbeda dengan siswa lain. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diadakan secara offline, sedangkan wawancara dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial diantaranya: 1) Kesalahan membaca; 2) Kesalahan memahami masalah; 3) Kesalahan transformasi; 4) Kesalahan keterampilan proses; 5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Terdapat 4 faktor penyebab kesalahan ditinjau aspek keterampilan siswa yakni dari segi: 1) linguistik: penguasaan kata/kalimat yang kurang baik dan belum matang, tidak bisa menyusun kata yang dipikirkan sesuai dengan pemahaman terhadap maksud soal; 2) perseptual: membaca dengan teknik superficial reading (membaca dangkal), kurang memilki keterampilan dalam menentukan posisi nilai tempat pada suatu bilangan; 3) berhitung: tidak menguasai keterampilan pada operasi pada matematika, kurang berlatih menyelesaikan soal cerita dengan variasi yang berbeda; 4) atensional: kekurang cermatan, tidak memahami apa yang diminta pada soal.
Pengaruh Model Case-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik SMA Negeri 03 Tambun Selatan Novita Dwi Andini; Ellis Salsabila; Leny Dhianti Haeruman
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.09

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model case-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Desain metode kuasi eksperimen yang digunakan yaitu post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 2 dan X IPS 3 di SMA Negeri 03 Tambun Selatan. Kemampuan penalaran matematis peserta didik diukur menggunakan instrument penelitian yang terdiri dari lima soal uraian pada materi sistem persamaan linier tiga variabel yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , diperoleh bahwa dan sehingga didapat , maka ditolak dengan nilai Cohen’s Effect Size yang diperoleh sebesar yang termasuk dalam kategori besar dengan presentase . Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil perhitungan tersebut adalah rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model case-based learning lebih tinggi daripada peserta didik yang menerapkan model konvensional.
The Use of ICT and the Realistic Mathematics Education on Learning Functions to Develop Algebraic Thinking Skills Mimi Nur Hajizah; Dwi Antari Wijayanti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.01

Abstract

The concept of function has evolved into one of the most fundamental principles in modern mathematics, influencing practically every area. However, it proved to be one of the most difficult ideas to grasp in mathematics. The concept of function is frequently taught without any connection to real-life situations. Students must work with problem scenarios that happen in a variety of contexts that are relevant to their everyday lives or make sense to them in order to gain authentic comprehension. This is consistent with the RME's properties. The unwillingness to highlight the visual element of the notion is one of the major roadblocks in learning functions. Using ICT and an RME approach to learning functions as an alternative to overcome these barriers could be a viable option. ICT and RME can help students learn mathematical principles in function content by providing a clearer visual experience. The purpose of this study is to investigate how ICT and RME can be used to improve learning function and increase algebraic thinking skills. This study conducted in a classroom of 29 junior high school students at the eighth grade. Design research methodology was used in this study by conducting three phases: preliminary design, teaching experiment, and retrospective analysis.
Peran Dynamic Geometry Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Peserta Didik Dalam Belajar Descriptive Geometry: Sebuah Review Literatur Aris Hadiyan Wijaksana; Yaya S. Kusumah
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.071.10

Abstract

Peserta didik dalam memahami Descriptive Geometry perlu memiliki kemampuan spasial. Karakteristik dari Descriptive Geometry adalah proyeksi dimana dalam pembelajaran siswa dituntut untuk mampu merepresentasikan objek-objek 3D ke dalam bentuk 2D dengan aturan-aturan proyeksi yang ketat. Oleh karena itu peserta didik hendaknya memiliki kemampuan spasial yang mumpuni apabila mengikuti pembelajaran Descriptive Geometry, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat sejauh mana peran Dynamic geometry software dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik dalam belajar Descriptive Geometry. Penelitian ini merupakan sebuah review literatur yang mengkaji berbagai macam referensi melalui penelusuran artikel internasional maupun nasional secara daring. Studi ini diperuntukkan untuk mendapatkan kekuatan kajian ilmiah tentang kemampuan spasial peserta didik dalam mempelajari Geometry Descriptive. Setelah melakukan kajian terhadap artikel-artikel yang relevan, dapat disimpulkan bahwa Dynamic geometry software memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik dalam belajar Descriptive Geometry.

Page 1 of 1 | Total Record : 10